Ads

Apel Kebangsaan Virtual GP Ansor se-Pulau Jawa dalam Situasi Pandemi

 

Magelang - Masih dalam situasi yang tidak kondusif dengan adanya virus Corona yang menjadikan pergerakan dan pertemuan-pertemuan sangat dibatasi, Gerakan Pemuda (GP) Ansor menggelar Apel Kebangsaan yang melibatkan ribuan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) secara virtual.

Apel Kebangsaan yang mengambil tajuk "Tiada Gentar Dada ke Muka, Bela Agama Bangsa Negeri" dilaksanakan di ruang maya via aplikasi streaming Zoom, diikuti ribuan pasukan Nahdlatul Ulama se Pulau jawa.

Dari wilayah DKI Jakarta melibatkan 350 anggota, Banten 410, Jawa Barat 1.400 kader, Jawa Tengah 1.800 anggota, DI Yogyakarta 300, Jawa Timur 2.150. Pasukan per wilayah tersebut dilaksanakan oleh masing-masing Pimpinan Anak Cabang (lingkup Kabupaten/Kota) dengan rata-rata 50 pasukan.

Pimpinan Cabang (PC) Kabupaten Magelang sendiri diikuti oleh 50 anggota Ansor maupun Banser dari berbagai kesatuan. Dengan dukungan para kader militan yang menyiapkan segala ubo rampe-nya, keikutsertaan apel kebangsaan yang digelar di Aula Pemerintahan Desa Sidomulyo, Kecamatan Salaman, berjalan dengan lancar.

Apel akbar tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, mulai barisan apel yang berjarak lebih dari 1 meter dan peserta apel yang diharuskan memakai masker, face shield, dan diwajibkan untuk mencuci tangan sebelum memasuki lapangan apel.

Apel yang digelar secara virtual berpusat di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, sementara ribuan kader di seluruh Pulau Jawa mengikutinya melalui layar monitor. Sedang lokasi masing-masing PC sangat beragam, ada yang di kantor NU, pondok pesantren, aula kantor pemerintahan desa, halaman madrasah, hotel dan lapangan terbuka.

Apel kebangsaan kali ini sangat berbeda dibanding apel Banser yang biasanya digelar di sebuah lapangan besar dikarenakan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Para kader Ansor tak kehilangan akal untuk tetap mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Acara yang berlangsung sekitar 1,5 jam tersebut terlaksana dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Pasukan dari berbagai daerah semangat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Apel kebangsaan diakhiri dengan orasi yang disampaikan langsung oleh Panglima Tertinggi Banser, Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Gus Yaqut Cholil Qoumas. (mcs)

Post a Comment

0 Comments