Ads

Unggul Sebagai Manusia dengan Komunikasi

Sumber gambar: ilmukomunikasi.uma.ac.id

Jare, manusia adalah hewan yang berakal, boleh ditambahin bermoral? Manusia lebih unggul dari hewan karena kemampuan berfikirnya? Bukan semata. Justru lebih pada kemampuan berkomunikasi. Manusia memiliki bahasa yang kompleks sehingga ide, cerita dan keinginan dapat tersampaikan dengan lebih akurat.

Hewan juga punya bahasa tersendiri sesama hewan, tapi tidak sekompleks bahasa manusia. Tentu itu yang menjadikan manusia lebih unggul.

Lalu, apakah mau menjadi manusia yang lebih "manusia"?

Tingkatkan kemampuan komunikasi. Perbanyak mengetahui diksi dengan membaca, belajar dari yang lain, baik verbal maupun tulisan.

Ide bisnismu akan mudah diterima investor maupun partner

Ide solusimu akan lebih mudah dipahami orang lain. Tidak disalah-pahami, presisi menyampaikan maksud, dan banyak lagi. Di dunia antar manusia, mulailah mengasah kemampuan komunikasi.

Komunikasi antar manusia sudah enak dibekali dengan budaya bahasa, sebuah simbol yang disepakati bersama dalam suatu komunitas untuk berkomunikasi itu. "Kesepakatan" atas simbol ini yang sering tidak semua orang secara lengkap mengetahui. Penggunaan kata, tanda baca, dll secara tidak tepat (sesuai kesepakatan) menyebabkan kesalah-pahaman terhadap maksud yang disampaikan.

Logika Bahasa

Penggunaan kata-kata, awalan, akhiran, sisipan, penempatan susunan kata, penggunaan diksi.

Halah ribet. Bukan, kalau sudah sepakat dengan suatu simbol, yaa konsisten dong dengan kesepakatan itu. Atau, bikin simbol lain? Ayok.

Seringnya terjebak pada merasa kurang pengetahuan atas bahasa dan seluruh perangkatnya yang sebenarnya ingin disampaikan. Malah jadi diam dan lama merespon.

Eh kelingan, Muhammad punya sifat tabligh lho. Jadi sifat dasarnya beliau. Jaalll.

Jadi, kenapa Islam berkembang dan murni sampai sekarang, ya karena sifat tabligh beliau. Terlepas dari daya tangkap dan daya tafsir kita lho ya...

Keunggulan manusia terletak pada tabiat komunalitasnya (manusia sebagai makhluk sosial). Komunikasi menjadi syarat utama terjadinya komunalitas yang efektif.

Post a Comment

0 Comments