Menu

Mode Gelap

Berita · 11 Dec 2021 02:15 WIB ·

Workshop Jurnalistik dan Informasi Teknologi sebagai Upaya Transformasi Media Juang GP Ansor Jawa Tengah


Workshop Jurnalistik dan Informasi Teknologi sebagai Upaya Transformasi Media Juang GP Ansor Jawa Tengah Perbesar

Dunia maya saat ini sudah berubah menjadi dunia nyata pada dimensi yang lain. Perkembangan teknologi menjadikan arus informasi yang tidak terkendali, dimana setiap orang mempunyai kuasa untuk bersuara dengan kontrol yang hampir nihil. Kondisi dunia internet saat ini dimanfaatkan orang-orang yang memang berusaha untuk membuat kekacauan dalam kehidupan berkebangsaan, terlebih dengan membuat isu-isu keagamaan sebagai senjata.
Untuk mengantisipasi akibat dari kericuhan di dunia internet, terutama media sosial dan media website, PW GP Ansor Jawa Tengah mengadakan Workshop Jurnalistik dan Teknologi Informasi dengan mengambil tema “Maksimalisasi Konten Rahmah”. Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada Jum’at hingga Sabtu (10-11/12/2021) di Komplek Masjid Agung Demak. Ada beberapa materi paling penting yang disampaikan, di antaranya bagaimana secara teknis membuat produk jurnalistik yang baik.
Selain materi jurnalistik, kegiatan workshop juga menghadirkan materi social media strategist sebagai wujud perjuangan dan jihad dalam dunia digital untuk menarasikan konten-konten Islam yang ramah dan berwawasan kebangsaan.
Dalam acara pembukaan kegiatan, Kasatkorwil Banser Jawa Tengah, Mukhtar Makmun mengungkapkan bahwa kader Ansor-Banser harus mampu membawa nilai Islam Rahmatan lil ‘alamin dan semangat persatuan di media sosial.
Hadir pula dalam acara pembukaan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad. Beliau menyambut baik kegiatan workshop ini.
“Perkembangan semangat keagamaan akhir-akhir ini mengalami lonjakan yang pesat. Bukan tidak mungkin pertumbuhan ini justru akan merusak agama itu sendiri, karena dengan adanya teknologi, upaya untuk mengakses informasi agama sangat mudah. Akan bahaya jika tidak ada filter, sehingga justru yang didapat adalah informasi agama yang salah.” ungkap H. Musta’in Ahmad (10/12/2021).
Muhammad Nur Huda, sebagai ketua panitia mengungkapkan, workshop ini selain untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas jurnalistik dan teknologi informasi, juga menjadi ajang konsolidasi penggiat media di setiap Pimpinan Cabang se-Jawa Tengah.
PW Ansor Jawa Tengah  juga melakukan evaluasi dan monitoring dalam mengelola akun media sosial dan produktifitas konten media masing-masing cabang.
admin
Author: admin

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lainnya

Kunjungan Ketua LP Maarif PCNU Kabupaten Magelang ke MI Maarif Arrosyidin Pucang

23 January 2024 - 12:34 WIB

Hj. Wafiq Azizah Tuntaskan Malam Puncak “Grebeg Jemunak” Ramadhan Fest Gunungpring 2023

11 April 2023 - 20:11 WIB

AKP Abdul Muthohir, S.H., M.H. Kapolsek Muntilan Dukung “Grebeg Jemunak Gunungpring” Menjadi Agenda Tahunan

11 April 2023 - 20:05 WIB

Grebeg Jemunak Puncak Rangkaian Ramadhan Festival 2023 Gunungpring, Muntilan, Magelang

11 April 2023 - 19:44 WIB

Hari kedua Ramadhan Fest “Grebeg Jemunak” Semakin Greget

9 April 2023 - 04:00 WIB

Bupati Magelang H. Zaenal Arifin, S.IP. Resmi Buka Ramadhan Fest “Grebeg Jemunak” 2023

8 April 2023 - 11:48 WIB

Trending di Berita