Berita  

Jamaah KOPDARiyah Reborn : Merawat Borobudur Sebagai Pusat Peradaban

BOROBUDUR – Setelah sekian lama “tidur” kembali Jamaah Kopadariyah bangun dan melaksanakan kegiatannya dengan mengusung tema “merawat Borobudur sebagai pusat peradaban” di Kampung Dolanan Sodongan Borobudur (17/6/2022).
Hadir dalam edisi kali ini KH Muhammad Yusuf Chudlori, KH Achmad Labib Asrori, K Achmad Majidun, K Kholil Mustamid Asrori, Abbet Nugroho dan beberapa tokoh pemerintah antara lain Camat Borobudur didampingi oleh Kapolsek dan Danramil Borobudur.
Dalam paparannya KH Muhammad Yusuf Chudlori menyampaikan pentingnya memahami faham warisan budaya nusantara. 
“Borobudur adalah warisan budaya nusantara yang diakui dunia internasional yang mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat di sekitar candi, juga merupakan tujuan destinasi ibadah umat budha yang keberadaannya harus dijaga bersama tanpa mengesampingkan tradisi dan budaya masyarakat yang mayoritas muslim” pungkas pria yang akrab disapa Gus Yusuf.
Dalam kesempatan yang sama Gus Labib panggilan akrab KH Achmad Labib Asrori yang juga Katib Syuriah PCNU Kabupaten Magelang, menyampaikan bahwa upaya pemanfaatan Borobudur sebagai salah satu destinasi ibadah umat budha juga mempersilahkan dengan memperhatikan aspek sosial budaya masyarakat sekitar candi.
Pewarta : Hafidh Fuadi
banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *