Menu

Mode Gelap

Berita · 16 Aug 2022 00:40 WIB ·

Gema Sholawat Al Barzanji Lintas Dusun, Gelorakan Semangat Kemerdekaan RI


Gema Sholawat Al Barzanji Lintas Dusun, Gelorakan Semangat Kemerdekaan RI Perbesar

Gema Sholawat Al Barzanji Lintas Dusun, Gelorakan Semangat Kemerdekaan RI

Muntilan – Ratusan Jamaah dari berbagai penjuru wilayah di wilayah Kecamatan Muntilan, Magelang serempak mengumandangkan Sholawat Al Barzanji di serambi Masjid Baiturahim, Karaharjan, Gunungpring, Muntilan pada hari Senin malam (15/08/2022) sebagai bentuk Doa Dan Dzikir Kebangsaan menyambut HUT RI ke 77.

Jamaah Sholawat Al Barzanji Lintas dusun yang beberapa waktu yang lalu sempat vakum karena pandemi kembali digulirkan. Jamaah Sholawat yang berdiri sejak dekade 10 tahun yang lalu ini membawa misi umtuk melestarikan tradisi Sholawat Al Barzanji di wilayah Muntilan dan sekitarnya, demikian diungkapkan oleh Kyai Nurhabib, Pengasuh Jamaah Sholawat Al Barzanji lintas dusun. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menjalin ailaturahmi antar pecinta Sholawat dari berbagai daerah yang secara prinsip memiliki karakter lagu atau nada-nada yang berbeda beda di masing-masing daerah meski Kitab Al Al Barzanjinya sama. Justru disinilah khasanah keluasan ilmu para pendahulu yang menarik untuk disambungkan antar jamaah tersebut, demikian ditegaskan oleh Kyai Nurhabib yang juga menjabat sebagai Rois Suriyah NU Ranting Gunungpring.

Perlu kita pahami bersama bahwasanya Sholawatan Al Barzanji adalah sebuah tradisi dan sangat mengakar di Nahdatul Ulama, dan khususnya di wilayah Gunungpring, Muntilan dan sekitarnya sosok Almaghfurlah Simbah KH. Dalhar Watucongol adalah salah satu tokoh besar yang melestarikam tradisi Sholawat Al Barzanji ini dan konon diceritakan bahwa banyak diantara beberapa lagu atau notasi yang diciptakan oleh beliau, dan tidak heran bilamana tradisi Sholawatan Al Barzani ini hingga sekarang masih terus dilestarikan oleh putra wayah Al Maghfurlah keluarga Watucongol dan masyarakat sekitar tentunya.

Salah satunya Jamaah Sholawat Al Barzanji lintas dusun se Muntilan dan sekitarnya ini berusaha untuk terus merawat tradisi tersebut melalui Selapanan Malam Selasa Wage secara bergilir ke dusun-dusun. Diawali dari Masjid Baiturahim Karaharjan, Gunungpring malam ini sekaligus dalam rangka Doa Kebangsaan HUT RI Ke 77 dan Peringatan Tahun Baru Muhaaram 1444 H. Berikut kedepannya kegiatan ini akan terus berlangsung setiap malam Selasa Wage akan berpindah pindah tempat pelaksanaanya.

Salah satu jamaah menuturkan, sangat mendukung kegiatan jamaah ini, selain untuk menyambung silaturahmi dengan banyak penggiat Sholawat, juga sebagai sarana media belajar tentang Sholawat Al Barzanji tentunya dan lebih luas dapat menjadi sarana tolabul ilmi karena disetiap pertemuannya selalu ditambahkan acara Pengajian, demikian dituturkan oleh Muhamad Yunus, salah satu jamaah dari Dusun Karasan, Keji, Muntilan. (LBH)

Editor : Muhammad Muchlis

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lainnya

Hj. Wafiq Azizah Tuntaskan Malam Puncak “Grebeg Jemunak” Ramadhan Fest Gunungpring 2023

11 April 2023 - 20:11 WIB

AKP Abdul Muthohir, S.H., M.H. Kapolsek Muntilan Dukung “Grebeg Jemunak Gunungpring” Menjadi Agenda Tahunan

11 April 2023 - 20:05 WIB

Grebeg Jemunak Puncak Rangkaian Ramadhan Festival 2023 Gunungpring, Muntilan, Magelang

11 April 2023 - 19:44 WIB

Hari kedua Ramadhan Fest “Grebeg Jemunak” Semakin Greget

9 April 2023 - 04:00 WIB

Bupati Magelang H. Zaenal Arifin, S.IP. Resmi Buka Ramadhan Fest “Grebeg Jemunak” 2023

8 April 2023 - 11:48 WIB

300 an Santri Cilik Meriahkan Hari Pertama Ramadhan Fest “Grebeg Jemunak” 2023

8 April 2023 - 04:17 WIB

Trending di Berita