Berita  

Dawuh Gus Muwafiq Untuk Ansor Banser Muntilan

Gus Muwafiq bersama sahabat-sahabat Ansor-Banser Muntilan

Sleman – Sekitar 100-an anggota Ansor Banser Muntilan sowan bareng di kediaman Gus Muwafiq di Sleman Jogjakarta, Jumat (02/09/2022).

Agenda ini menjadi bagian program Ansor Banser Muntilan yang diawali dengan Ziarah bersama dari Makam Santren, Gunungpring, Muntilan yang dilanjutkan sowan ke kediaman Gus Muwafiq di Sleman Yogyakarta.

banner 325x300

Dalam wejangannya Gus Muwafiq menyampaikan bahwa dalam berhikmah Ansor Banser sejatinya menitik beratkan pada esensi “nderek” para Kyai NU, dan itu beranting Kyai juga “nderek” para pendahulunya hingga akhirnya akan sampai pada Rosululloh Muhammad SAW. Begitupun para Kyai dalam menyampaikan dakwahnya juga bersifat mengingatkan kembali apa yang menjadi ajaran Kanjeng Nabi, bukan mengarang sendiri, karena sejatinya yang mengarang sendiri itulah bid’ah bahkan bisa menjadi fitnah. Inilah pentingnya belajar sejarah. “Wis pokoke nderek Kyai NU, aman amaan”.
Apa yang disampaikan Gus Muwafiq ini tetunya menjadi carge spirit bagi sahabat Ansor Banser Muntilan dalam berhikmah, seperti dituturkan oleh Lasito, Kepala Satuan Koordinasi Banser Kecamatan Muntilan.

Suasana ringan dan penuh kegembiraan nampak saat anggota Ansor Banser Muntilan duduk jagongan bersama Gus Muwafiq di Joglo Ndalem beliau. Dipenghujung pertemuan Gus Muwafiq juga memberikan ijazahan, sembari dengan “guyon maton” beliau menyampaikan Banser “jadug” itu penting, tapi jaman sekarang lebih penting doa supaya saat sahabat-sahabat disibukkan dalam padatnya rangkaian giat, dapur di rumah tidak keteteran. Ini merupakan pemahaman yang sangat dalam, bahwa berAnsor Banser tidak dijadikan alasan untuk menjadikan kewajiban di dalam ranah keluarga terbengkalai.

Sidiq Arif, Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Muntilan menuturkan bahwa kegiatan sowan kepada para alim ulama seperti ini penting diadakan secara intens sebagai penyeimbang gerakan kita secara jasmani dan rohani, sehingga esensi dari sinergi kebersamaan dalam ketaatan akan dapat dicapai dan dijaga. (LBH)

Editor : Muhammad Muchlis

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *