Opini  

Fenomena “Sekar Rimba”

Bagaimanapun harus diakui bahwa Grup Kesenian Topeng Ireng Sekar Rimba Indonesia adalah aset yang fenomenal di daerah Muntilan Raya.

Aset disini saya artikan tak hanya untuk wilayah ekonomi, dimana sebagai contoh untuk lahan parkir yang dimanajemeni secara serius bisa menutup ongkos operasional, bahkan bersaldo plus. Tapi juga aset menjadi kiblat kantong budaya bagi masyarakat untuk lebih bangga terhadap lagu-lagu berbahasa daerah kita ini.

banner 325x300

Nahkoda Sekar Rimba sangat sadar bahwa kiblat ini entah besok atau lusa akan surut jika lantas para manajer tidak segera berbenah mencari inovasi. Salah satunya agar tetap disukai masyarakat adalah dengan terus menciptakan dinamika.

Nah di ulang tahunnya ke-14 ini, Sekar Rimba Indonesia dimotori oleh mister Lukman Bandar Helm dan tentunya wibawa pesona Khoirul Anwar Al Mukhibin menjamah sekolah-sekolah. Menjaring selera para anak anak dan ABG.

Sangat positif. Perlu kita dukung dan tentu sangat bermanfaat, mimimal oase penghibur para siswa di tengah kepenatan kurikulum. Manfaat lain, tentunya mereka (para siswa) jadi lebih pede, berani dalam mengapresiasi suatu kesenian, terlebih menampilkan kesenian berbalut ketradisional.

Mas Lukman, mas Irul, tentu kami akan lebih senang lagi jika umpamanya disitu terus menerus ada edukasi menjadi penonton yang baik itu bagaimana, dan lain lain, dan lain lain.

Terakhir, secara pribadi, di sisa usia, saya sangat beruntung sekali menjadi saksi dekat pergerakan ke arah positif dari dinamika Sekar Rimba Indonesia ini.

Gondosuli. September 2022

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *