Berita  

Ribuan Jamaah Hantarkan Pemakamam KH. Azhari ZA Kerisan, Tempel, Sleman

Sleman – Lantunan kalimat Tahlil menghantarkan prosesi pemakaman KH. Azhari Zaenal Abidin, Pengasuh Pondok Pesantren API As-Salam Kerisan, Banyurejo, Tempel, Sleman, Jogjakarta, Rabu (05/10/2022).

Para pelayat yang hadir sejak semalam wafatnya sang kyai tak henti-hentinya melantunkan doa dan tahlil untuk almarhum. Tak terkecuali para ibu jamaah yang hadir tak kuasa menahan tangis melepas kepergian sosok penutan seperti KH. Azhari.

banner 325x300

Prosesi upacara pemakaman berlangsung dengan hikmat. Sambutan Bupati Sleman mewakili masyarakat Kabupaten Sleman dan sekitarnya menjadi salah satu penanda bahwa KH. Azhari merupakan tokoh kasepuhan bagi warga Sleman dan dan sekitarnya.

Gus Yusuf Khudhori, pengasuh PP. API Tegalrejo dalam sambutan sekaligus tausiyahnya menyampaikan rasa duka dan kehilangannya terhadap sosok KH. Azhari yang tercatat pula sebagai alumni API tegalrejo, Magelang. Kata beliau, KH. Azhari yang hingga akhir hayatnya didedikasikan untuk dakwah dan mengasuh ratusan majlis taklim rutinan yang diasuhnya. Terhitung ada 115 Jamaah (Selapanan) yang beliau pimpin tersebar di wilayah Sleman dan sekitarnya, hingga Magelang. Maka hampir setiap hari beliau mengampu 3 tempat selapanan. Untuk itu, kata Gus Yusuf, atas nama keluarga besar API Tegalrejo mengahturkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya, semoga Allah SWT menerima semua amal kebaikan almarhum dan menempatkannya disisi Allah SWT disebaik baiknya tempat, Amin.

Hadir pula dalam prosesi pemakaman KH. Azhari, jajaran Forkompimda Kabupaten Sleman, Pengurus PCNU Kabupaten Sleman beserta badan otonomnya serta ribuan santri dari penjuru wilayah di Sleman dan Jawa Tengah. Adapun Mujahadah Tahlil setiap malamnya akan digelar selama 7 malam kedepan pukul 20.00 WIB. Kepada para jamaah yang berkenan bergabung dapat hadir lebih awal guna dapat mengikuti rangkaian mujahadah setiap malamnya. (LBH)

Editor : Muhammad Muchlis

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *