Sejarah dan Manfaat Diwajibkannya Sholat Jum’at

Sholat Jumat adalah salah satu dari lima sholat wajib yang harus dilakukan oleh setiap Muslim. Menurut sejarah Islam, sholat Jumat pertama kali diwajibkan pada tahun ke-2 Hijriyah (623 Masehi) di kota Madinah. Saat itu, Nabi Muhammad SAW sedang memberikan khutbah (ceramah agama) di Masjid Nabawi pada hari Jumat. Setelah selesai memberikan khutbah, Nabi Muhammad SAW melakukan sholat Jumat bersama dengan para sahabatnya.

Ada beberapa dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah (perkataan dan tindakan Nabi Muhammad SAW) yang menunjukkan bahwa sholat Jumat merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah baligh (dewasa) dan sehat. Beberapa di antaranya adalah:

banner 325x300
  1. Dalam Al-Qur’an surat Al-Jumu’ah ayat 9, Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru kepada sholat Jumat, maka bersegeralah kamu ke sholat.”
  2. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sholat Jumat adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah baligh dan sehat, kecuali jika ia sedang sakit atau dalam perjalanan.” (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim)
  3. Nabi Muhammad SAW juga bersabda: “Barangsiapa yang tidak mengerjakan sholat Jumat lima belas kali tanpa alasan yang dibenarkan, maka ia telah dianggap telah berpisah dengan jama’ah (komunitas) Muslim.” (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim)

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sholat Jumat merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah baligh dan sehat, kecuali jika ia memiliki alasan yang dibenarkan seperti sakit atau dalam perjalanan.

Setelah itu, sholat Jumat menjadi kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah baligh (dewasa) dan sehat. Sholat Jumat diwajibkan untuk memperkuat solidaritas dan persatuan umat Islam, serta sebagai bentuk ketaatan kepada perintah Allah SWT. Sholat Jumat juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbaharui iman seseorang.

Sholat Jumat memiliki banyak manfaat, baik dari segi spiritual maupun sosial. Beberapa manfaat sholat Jumat dari segi spiritual antara lain:

  1. Memperbaharui iman: Melalui khutbah yang disampaikan dalam sholat Jumat, kita dapat mengingat kembali ajaran-ajaran Islam dan meningkatkan keimanan kita.
  2. Mendekatkan diri kepada Allah SWT: Sholat Jumat merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh ridha-Nya.
  3. Menghapus dosa-dosa kecil: Sholat Jumat dianggap sebagai amal saleh yang dapat menghapus dosa-dosa kecil yang telah kita lakukan.

Adapun manfaat sholat Jumat dari segi sosial antara lain:

  1. Menjalin persatuan dan solidaritas: Sholat Jumat merupakan waktu bagi umat Islam untuk bersatupadu dan memperkuat persatuan sesama Muslim.
  2. Menjadi wadah pemersatu: Sholat Jumat merupakan wadah bagi umat Islam untuk bersikap sederajat dan merasakan kebersamaan dalam menjalankan ibadah.
  3. Menjadi wadah pembinaan: Sholat Jumat juga merupakan wadah pembinaan bagi umat Islam, karena pada saat itu sering disampaikan ceramah-ceramah agama yang dapat membimbing kita dalam menjalankan ajaran Islam dengan lebih baik.
banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *